8 pendekatan dalam pengelolaan kelas

Keberhasilan pembelajaran membutuhkan pengelolaan kelas yang baik. Pengelolaan kelas sering dipahami sebagai pengaturan ruangan kelas yang berkaitan dengan sarana seperti tempat duduk, lemari buku, dan alat alat mengajar. Padahal pengelolaan kelas adalah bagaimana guru merencanakan , mengatur dan melakukan berbagai kegiatan di kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dan berhasil dengan baik. 
dalam buku "Menjadi guru profesional" yang ditulis Prof Suyannto, Ph.D dan Drs. Asep Jihad, M.Pd dijelaskan bahwa pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas dengan mengoptimalkan berbagai sumber (potensi pada diri guru, sarana dan lingkungan belajar di kelas) yang ditujukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan perencaaan dan tujuan yang ingin dicapai. 
Wilford A.Weber (James M.Cooper,1995:230) mengemukakan bahwa clasroom management is a complex set of behaviors the teacher uses to establish and maintain clasroomm conditions that will enable students to achieve their instructional objectives efficiently that will enable to learn."
Artinya pengelolaan kelas merupakan sekumpulan perilaku kompleks yang digunakan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efisien.

Delapan pendekatan dalam pengelolaan kelas menurut Wilford
1. Pendekatan otoriter 
Pandangan ini menekankan pada perlunya pengawasan dan pengaturan siswa

2. Pendekatan Intimidasi
Pandangan ini memberi peluang besar guru untuk mengawasi dan menertibkan siswa dengan cara intimidasi

3. Pendekatan Permisif
Pendekatan ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk melakukan apa yang ingin dilakukan, guru hanya memantau apa yang dilakukan siswa tersebut

4. Pendekatan "Resep Masakan" Pendekatan ini menekankan kepada guru untuk melihat dan mengawasi sejauh mana siswa mengikuti dengan tertib dan tepat hal-hal yang sudah ditentukan, apa yang boleh dan apa yyang tidak boleh dilakukan

5. Pendekatan Pengajaran
Pendekatan ini memberi kesempatan guru untuk menyusun rencana pengajaran dengan tepat sehingga dapat menghindari permasalahan perilaku siswa yang tidak boleh diharapkan.

6.Pendekatan Modifikasi Perilaku
Pendekatan ini menekankan agar guru mengupayakan perubahan perilaku yang positif pad siswa

7. Pendekatan iklim Sosio emosional
dalam konteks ini, guru menekankan terjalinnya hubungan yang positif antara guru dan siswa

8. Pendekatan sistem proses Kelompok/Dinamika kelompok
Pada pendekatan ini, guru ditekankan untuk meningkatkan dan memelihara kelompok kelas yang efektif dan produktif.

Demikianlah delapan pendekatan dalam pengelolaan kelas.

Comments

Popular posts from this blog

contoh sambutan pembina upacara di hari senin

Hubungan Motivasi belajar dengan Gaya Belajar